Selasa, 14 April 2020

Mengulas Tentang 3 Jenis Alat untuk Cek Virus Corona

Langkah untuk menetapkan status seseorang menjadi positif corona sendiri sangat panjang. Sehingga bagi Anda yang masih sehat dapat untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan yang ampuh untuk dilakukan. Seperti misalnya dengan menggunakan masker, sering untuk mencuci tangan dengan sabun, tidak bepergian di tempat yang ramai apabila tidak sangat penting, dan juga dapat untuk tinggal di rumah. Hal tersebut akan lebih baik dibandingkan dengan merasa cepat yang akan justru mempunyai dampak yang buruk yaitu dapat untuk mengganggu sistem imun yang menjadi drop atau turun karena terlalu stress. Oleh karena itulah apabila masih baik-baik saja dan tidak menunjukkan gejala apapun maka sebaiknya cukup menjaga kesehatan. Untuk menenangkan pikiran juga dapat untuk melakukan cek virus corona yang dapat dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti berikut ini:


1. Pertama adalah dengan mengenali kondisi tubuh Anda yaitu apakah mempunyai tanda virus corona yang umum dirasakan seperti misalnya mengalami demam, batuk kering yang lama terjadi, mengalami pusing, sesak nafas, flu, hingga juga masalah tenggorokan.
2. Selanjutnya adalah dengan menjawab riwayat kontak yang dimiliki yaitu apakah pernah melakukan kontak langsung seperti berjabat tangan dengan ODP, PDP, atau bahkan orang yang sudah terkonfirmasi positif corona.
3. Selanjutnya adalah bagi Anda yang pernah melakukan perjalanan di negara atau daerah yang merupakan persebaran virus corona.

Dengan menjaga berbagai pertanyaan tersebut dapat menjadi hal yang dapat untuk membuat perasaan tenang. Ketika Anda tidak mempunyai indikasi seperti yang telah disebutkan yaitu tidak mempunyai gejala apapun yang dirasakan, tidak pernah melakukan kontak dengan ODP, PDP, hingga yang positif virus corona, dan juga tidak datang atau bepergian ke tempat persebaran virus corona maka bisa untuk membuat Anda bernafas panjang. Akan tetapi bagi Anda yang sudah melakukan tes pribadi dan ternyata justru mempunyai indikasi maka bisa untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Dimana yang paling penting adalah datang terlebih dahulu ke dokter atau pusat layanan terdekat sehingga dapat untuk memastikan gejala dan dapat untuk menerima rujukan dengan mendapatkan tes lainnya yang akan dilakukan untuk memastikan virus corona di dalam tubuh. Adapun untuk jenis tes tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. PCR
Tes jenis tes pertama adalah PCR atau Plymerase Chain Reaction. Tes ini sendiri merupakan pemeriksaan yang menggunakan sampel dari lendir yang diambil dari hidung dan juga tenggorokan. Dimana hal tersebut merupakan lokasi dari virus masuk karena corona merupakan penyakit yang dapat menyerang tenggorokan. Untuk pemeriksaan ini mempunyai kekurangan lebih lama untuk mengetahui hasilnya sehingga pasien harus menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan.

2. Rapid test
Untuk jenis tes selanjutnya adalah yang terkenal dan digunakan di Indonesia sebagai skrining atau tahap pemeriksaan awal yaitu rapid tes. Test ini mempunyai keuntungan karena mempunyai hasil yang lebih cepat. Hasil dapat keluar 10 hingga 15 menit dari sampel darah yang diambil. Akan tetapi tidak dapat mengetahui virus corona di dalam tubuh dengan lebih efektif karena hanya dapat mendeteksi antibodinya saja.

3. TCM
Jenis tes terakhir untuk cek virus corona adalah TCM atau Tes Cepat Molekuler. Tes ini juga sebelumnya dilakukan untuk mendeteksi atau melakukan diagnosis pada penderita TB atau tuberkulosis. Pemeriksaan ini menggunakan cara pemeriksaan molekuler yang menggunakan dahak dari pasien. Sehingga akan dapat mengidentifikasi virus corona dengan menggunakan mesin cartridge khusus.

Mengulas Tentang 3 Jenis Alat untuk Cek Virus Corona Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nurul Kandangan

Popular Posts

Arsip Blog